Setelah India dan AS, Kini Giliran Jepang Blokir Tiktok

Jepang berupaya untuk membatasi penggunaan TikTok dan aplikasi lain yang dikembangkan oleh perusahaan China, mengikuti jejak India, yang sebelumnya memblokir puluhan aplikasi China. Kebijakan ini diperkirakan telah dipelopori oleh Amerika Serikat

Keputusan tersebut pertama kali dilaporkan oleh penyiar nasional Jepang NHK. Para pengacara memiliki keprihatinan yang sama dengan pejabat di AS dan India bahwa data pengguna domestik mereka dapat berakhir di tangan Beijing, dan berencana untuk mengajukan proposal ke pemerintah Jepang pada awal September.

Jepang adalah salah satu kasus TikTok pertama yang berhasil di luar negeri meskipun dianggap sulit bagi perusahaan internet asing untuk membobolnya. Tim lokalisasi yang baru lahir keluar untuk menarik pengguna selebriti dan membuat terobosan dengan Kinoshita Yukina, seorang pembawa acara TV, setelah melakukan "enam atau tujuh putaran diskusi" dengan studionya. Partisipasi Kinoshita mengantar bintang lain, yang membawa segerombolan penggemar ke platform.

Di toko iOS Jepang, TikTok secara konsisten menempati peringkat teratas di antara aplikasi hiburan dan merupakan aplikasi kelima yang paling banyak diunduh di semua kategori di negara itu pada tulisan ini, menurut perusahaan riset App Annie.

Raksasa teknologi China lainnya telah menatap Jepang selama bertahun-tahun. Baidu, misalnya, mengoperasikan Simeji, salah satu metode masukan paling populer di kalangan orang Jepang. Line adalah aplikasi obrolan utama di negara ini, tetapi WeChat sangat penting untuk bisnis Jepang yang memiliki hubungan dengan China – yang dianggap oleh banyak orang bahwa China adalah mitra dagang utama Jepang. Meskipun larangan India pasti akan merugikan pengembang China yang mendambakan pasar internet yang tumbuh paling cepat, ARPU negara, atau pendapatan rata-rata per pengguna, juga tetap rendah dibandingkan dengan angka di Barat. Jepang, di sisi lain, adalah pasar yang jauh lebih menguntungkan.

Baca:  Penyebab dan Cara Mengatasi Motion Sickness Saat Main Game