Review Baterai OPPO Reno5 – Tahan Lama dan Pengisian Super Cepat 50W Flash Charge

Gadgetren

Review Baterai OPPO Reno5 Header

Gadgetren – Sebagai salah satu ponsel andalan OPPO tahun 2021 di Indonesia, Reno5 hadir dengan segudang spesifikasi hardware dan fitur menarik.

Menariknya, baterai menjadi salah satu sektor unggulan OPPO Reno5. Berbekal kapasitas 4.310mAh, baterai ponsel ini memiliki daya tahan yang lama.

Hal tersebut telah dibuktikan dengan pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark for Android dan penggunaan sehari-hari. Pada aplikasi benchmark, saya melakukan tes baterai dengan layar OPPO Reno5 yang disetel ke pengaturan refresh rate 90Hz dan 60Hz.

Pada refresh rate 90Hz, OPPO Reno5 berhasil mendapatkan skor 13 jam 27 menit. Sedangkan pada refresh rate 60Hz, ponsel ini berhasil mendapatkan skor lebih tinggi yakni mencapai 15 jam 13 menit.

Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi refresh rate yang digunakan oleh layarnya, maka semakin boros konsumsi daya baterai Reno5. Sedangkan pengujian baterai dari OPPO Reno5 dengan kedua refresh rate menggunakan mode baterai Work 2.0, tingkat kecerahan 50%, dan kondisi baterai 100%.

Buat yang belum tau, battery life mode Work 2.0 akan menguji daya tahan baterai HP kamu dengan simulasi penggunaan sehari-hari yang sudah ditentukan oleh tim developer PCMark untuk menentukan skor waktu pemakaian sehari-hari.

OPPO Reno5 Benchmark Battery fix

Selanjutnya saya juga menguji baterainya untuk penggunaan OPPO Reno5 dalam aktivitas sehari-hari yang terpantau menggunakan aplikasi AccuBattery. Saya sendiri menjalankan berbagai aplikasi yang biasa saya gunakan, seperti SMS, chat, media sosial, telepon, pemutar musik sesekali, email, pemutar video sesekali, editor dokumen, dan permainan sesekali.

Di antara semua aplikasi yang saya jalankan, saya paling sering menggunakan aplikasi media sosial, chat, dan email. Sedangkan saya biasanya menjalankan music player saat saya sedang bekerja atau melakukan aktivitas tertentu untuk memberikan kenyamanan.

Saat saya menggunakan ponsel ini untuk aktivitas rutin dengan layar refresh rate 90Hz, aplikasi AccuBattery mencatat bahwa OPPO Reno5 mampu bertahan hingga 13 jam 48 menit dengan total screen on time hingga 5 jam 53 menit.

Baca:  Konfigurasi Tiga Kamera Belakang OPPO A15 Diungkap

Sedangkan pada refresh rate 60Hz, AccuBattery menunjukkan baterai Reno5 mampu bertahan selama 16 jam 16 menit dengan total screen on time hingga 5 jam 4 menit. Dengan hasil waktu yang didapat tersebut menunjukkan bahwa OPPO telah berhasil menggabungkan beberapa aspek, terutama software dan chipset, untuk mengoptimalkan penggunaan baterai Reno5.

Saya sendiri merasa puas menggunakan OPPO Reno5 karena bisa diandalkan untuk rutinitas sehari-hari berkat daya tahan baterainya yang handal. Tak hanya itu, OPPO juga membenamkan fitur 50W Flash Charge yang mampu mengisi baterai dengan cepat.

OPPO-Reno5-HalfUp

Berdasarkan pengujian di dunia nyata, fitur 50W Flash Charge mampu mengisi baterai dengan sangat cepat dari 17% hingga 100% hanya dalam 53 menit. Bisa dibilang hasil rekam waktu ini mendekati klaim OPPO yang menyatakan bahwa pengisian penuh baterai bisa dilakukan selama 48 menit.

Tidak hanya Flash Charge 50W, adaptor charger dan kabel data yang dibawakan OPPO Reno5 dalam paket penjualannya juga mampu mendukung fitur 65W SuperVOOC 2.0 dan 15W Power Delivery.

Dengan kata lain, ponsel seperti OPPO Reno4 Pro dan Reno5 5G yang memiliki fitur 65W SuperVOOC 2.0 juga dapat menggunakan charger yang dimiliki oleh Reno5. Bahkan OPPO juga menjamin perlindungan charger Reno5 melalui perlindungan lima lapis hingga sertifikasi TUV Rheinland.

Dengan daya tahan baterai yang bisa dibilang tahan lama dan fitur fast charging, OPPO Reno5 mampu menjadi salah satu ponsel pilihan dengan harga Rp. 4.999.000. Apalagi ada berbagai fitur menarik lainnya yang bisa menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.comPostingan Review Baterai OPPO Reno5 – Pengisian Daya Tahan Lama dan Super Cepat 50W Flash Charge pertama kali muncul di Gadgetren.