Gandeng Ericsson, Far EasTone Siap Luncurkan 5G

Gandeng Ericsson, Far EasTone Siap Luncurkan 5G

Jakarta, Selular.ID – Far EasTone yang berbasis di Taiwan memilih Ericsson untuk memasok peralatan inti 5G dan mode ganda VoLTE standalone (SA) dan non-standalone (NSA), saat operator bersiap untuk meluncurkan layanan 5G SA.

Dalam sebuah pernyataan, Ericsson mengatakan bahwa peralatannya akan mendukung kemampuan NSA baru dan pindah ke SA menggunakan pita frekuensi rendah, sedang dan tinggi. Kesepakatan itu mencakup produk Sistem Radio, termasuk radio terintegrasi antena untuk mid-band dan mmWave, serta desain jaringan, perencanaan, dan layanan pengoptimalan.

Ericsson mengatakan sistem tersebut "akan memaksimalkan aset spektrum Jauh EasTone dengan memperluas stasiun basis mid-band dan memodernisasi situs low-band yang ada". Sistem VoLTE juga memungkinkan operator "untuk meningkatkan pengalaman pengguna suara di jaringan 4G saat ini" dan memberikan "dasar" untuk panggilan 5G.

Pada Maret 2020, Far EasTone mengumumkan akan menyebarkan RAN bertenaga AI dari Ericsson dan sistem berbagi spektrum menjelang peluncuran komersial 5G pada awal Juli 2020.

Operator berencana untuk meningkatkan belanja modalnya pada tahun 2021 sebesar 32% menjadi TWD14,4 miliar ($ 518 juta), dengan lebih dari setengahnya dialokasikan untuk membangun jaringan 5G. Sebelumnya, perseroan menargetkan bisa menggandakan pembangunan 7.600 situs BTS 5G hingga akhir tahun dan cakupan populasi 90 persen.

Selain Far Eastone, dua operator di Taiwan juga bersiap untuk menggelar 5G. Pada tahun 2020, pesaing terdekat Far EasTone, Chunghwa Telecom berencana untuk bermitra dengan Ericsson dan Nokia sebagai vendor 5G RAN, sementara Taiwan Mobile memilih Nokia sebagai pemasok tunggal 5G RAN dan peralatan inti untuk jaringan NSA.

Pos Bekerja Sama dengan Ericsson, Far EasTone Siap Luncurkan 5G muncul pertama kali di Selular.ID.

Baca:  Android 11 Beta Bakal Sambangi Vivo NEX 3S 5G