Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda

Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda

Anda harus tahu bagaimana cara menghemat konsumsi listrik Anda. Sesuai dengan sosialisasi pemerintah tentang slogan "hemat energi hemat biayaHal ini sejalan dengan kenaikan tagihan listrik belakangan ini.

Pusing karena tiap bulan tagihan listrik membengkak? Jangan khawatir, karena sekarang Anda sudah menemukan daftar solusi untuk menurunkan tagihan listrik PLN Anda.

Bagaimana Menghemat Konsumsi Listrik Anda

Caranya sederhana lho, dengan sedikit mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan listrik dan mengikuti tips dan trik berikut ini.

1. Manfaatkan listrik prabayar

bagaimana cara menghemat listrik
Sumber gambar: tambahkan satu

Salah satu tips hemat listrik yang paling efektif adalah dengan beralih ke listrik prabayar. Tak perlu khawatir penggunaan berlebihan karena Anda sendiri yang menentukan berapa pengeluaran listrik yang pas di kantong.

Untungnya, Anda dapat membeli token listrik kapan pun Anda membutuhkannya melalui Tokopedia. Dapatkan promo spesial pembelian token listrik di Tokopedia!

2. Matikan lampu dan peralatan listrik jika tidak digunakan

Jangan tinggalkan elektronik atau bohlam Anda sepanjang hari. Bola lampu tradisional membuang 95% energi yang mereka gunakan untuk mengeluarkan panas, dengan hanya 5% yang digunakan untuk penerangan. Ganti atau gunakan dengan hemat.

Meninggalkannya dalam waktu lama sangat boros, jadi tidak bijak. Lampu pijar halogen, lampu fluoresen kompak (CFL), dan lampu LED menggunakan daya 25-80 persen lebih sedikit dan bertahan 3 hingga 25 kali lebih lama daripada lampu tradisional.

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktu istirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan penghematan listrik. Seperti kamu mengisi ulang listrik di malam hari, penggunaan listrik juga perlu diistirahatkan.

Selain menghemat listrik, tips ini juga untuk memaksimalkan istirahat di malam hari.

Gunakan lebih sedikit pemanas air

Air pemanas adalah kontributor utama konsumsi energi total Anda. Selain membeli pemanas air hemat energi, ada dua metode untuk mengurangi biaya pemanasan air Anda, Anda cukup menggunakan lebih sedikit air panas atau mematikan termostat pada pemanas air Anda.

Cabut pengisi daya baterai saat tidak digunakan:

Banyak perangkat termasuk pengisi daya baterai menarik daya terus menerus bahkan saat tidak digunakan.

3. Manfaatkan ventilasi udara

bagaimana cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Memang, tidak ada yang bisa mengalahkan keefektifan AC terhadap udara panas di negara tropis. Namun jika ingin menghemat listrik, usahakan lebih memanfaatkan penggunaan ventilasi udara.

Jika rumah Anda benar-benar kekurangan ventilasi udara, coba lebih banyak jendela dan kisi-kisi. Selain rumahnya lebih sejuk, lebih hemat listrik karena tidak terlalu sering menggunakan AC.

Menghadirkan sinar matahari juga bisa menjadi solusi. Pada siang hari, matikan lampu buatan dan gunakan jendela dan skylight untuk menerangi rumah Anda.

4. Cabut kabel jika tidak digunakan

hemat listrik
Sumber gambar: pexels

Biasanya orang lebih suka membiarkan steker terpasang selama 24 jam. Selain lebih mudah saat kita membutuhkan tenaga listrik, misalnya untuk mengisi ulang gadget kita, kita juga lebih cepat melakukan berbagai hal.

Namun sayangnya, kecepatan dan kenyamanan tersebut harus diimbangi dengan tagihan listrik yang mahal. Karena steker yang ditancapkan tetap mengkonsumsi listrik lho, meski tidak disambungkan ke perangkat lain seperti televisi, handphone, laptop dan lain sebagainya.

Tip berikutnya untuk menghemat listrik adalah melepas steker saat tidak digunakan. Selain hemat listrik, mencabut steker juga mencegah terjadinya korsleting, lho.

5. Hindari menggunakan pengering

bagaimana cara menghemat listrik rumah
Sumber gambar: pexels

Kita harus bersyukur menjadi warga negara Indonesia yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, karena dengan sinar matahari yang begitu banyak, kita tidak perlu repot membeli atau menggunakan pengering.

Baca:  Cara Setting Java di Windows

Gantungkan saja pakaian Anda di tali jemuran pada siang hari, dan pakaian Anda akan benar-benar kering dalam 1-2 jam.

Biaya listrik untuk mengoperasikan pengering tidak memberatkan, sehingga misi penghematan listrik tetap dijalankan.

6. Gunakan TV LED dan Monitor

Televisi dan monitor LED telah terbukti lebih hemat energi daripada layar dengan blok belakang. Selain itu, layar dari layar LED juga jauh lebih jernih dan lebih nyaman dipandang dibanding model lawas. Anda dapat mencari informasi perbedaan led tv.

Sedangkan untuk lampu LED, membeli TV dan monitor LED memang lebih mahal, tetapi ini merupakan langkah investasi untuk mengurangi tagihan listrik

Menggunakan fasilitas AC untuk menghilangkan panas di siang hari memang menjadi hal favorit banyak orang, namun demi menghemat listrik cobalah sesekali menggunakan ventilasi udara untuk mendinginkan ruangan.

Dengan cara ini, Anda menghemat listrik dan mempromosikan pertukaran udara yang bermanfaat untuk saluran pernapasan juga.

Malam hari saat aktivitas kita berakhir dan saatnya istirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan penghematan listrik. Mematikan listrik di malam hari seperti kipas angin, lampu, atau TV sudah lebih dari cukup untuk menyelesaikan misi hemat energi Anda.

7. Gunakan laptop, bukan komputer desktop

menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Komputer desktop memang membuat pengguna lebih fleksibel dalam bekerja, tetapi sayangnya, komputer desktop mengonsumsi banyak listrik saat beroperasi.

Ditambah banyak poin plus dari menggunakan laptop seperti mudah dibawa kemana-mana, banyak model laptop yang bisa kamu pilih, dan juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer desktop.

8. Gunakan air panas saat menanak nasi di rice cooker

menghemat listrik rumah tangga
Sumber gambar: bonappetite

Mungkin Anda tidak pernah menyadari bahwa Anda memasak nasi dengan menggunakan rice cooker, ternyata menghabiskan listrik yang cukup banyak.

Tips hemat listrik penanak nasi berikutnya adalah menggunakan air panas saat menanak nasi di dalam penanak nasi. Selain hemat listrik, proses menanak nasi juga lebih singkat.

9. Gunakan perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas Anda

menghemat listrik rumah tangga
Sumber gambar: pexels

Penggunaan alat elektronik sesuai kebutuhan dan kapasitas hemat listrik. Salah satu caranya misalnya menggunakan mesin cuci dengan kapasitas tertentu, bukan kelebihan beban pakaian saat digunakan.

Menggunakan lemari es dengan watt kecil juga bisa menjadi pilihan lain. Intinya, jangan menggunakan alat elektronik yang melebihi kapasitasnya, karena jika alat elektronik bekerja ekstra keras maka akan lebih banyak mengkonsumsi listrik.

10. Perbanyak tanaman

bagaimana cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Mengoptimalkan potensi alam juga bisa menjadi trik dalam menghemat tagihan listrik. Kehadiran tumbuhan hijau akan membuat lingkungan sekitar menjadi lebih segar dan sejuk.

Kalau sudah begini, penggunaan AC bisa dikurangi atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

11. Gunakan tirai untuk mencegah panas

bagaimana cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Meski gorden masih berperan dalam menahan panas, sinar matahari di siang hari bisa dimanfaatkan sebagai penerangan. Cara ini bisa meminimalkan penggunaan lampu yang tidak perlu di siang hari.

12. Sumber energi alternatif

bagaimana cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Untuk menghemat listrik, Anda juga bisa menggunakan sumber energi alternatif. Contohnya adalah panel surya. Mengapa panel surya?

Pertama, panel surya tidak membutuhkan bahan bakar yang berarti tidak menghasilkan emisi gas pencemar.

Kedua, kapasitas dapat disesuaikan dengan modul yang dipasang. Jadi Toppers tidak akan mengalami kelebihan atau kekurangan listrik.


Itulah cara menghemat konsumsi listrik yang bisa diterapkan di rumah. Bagi Anda yang ingin membayar tagihan listrik atau membeli token PLN bisa melakukan pembayaran dan pembelian melalui Tokopedia.

Postingan Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda muncul pertama kali di Dunia Teknologi.