Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti, Gunakan 5 Langkah Mudah Ini

layanan google play terhenti

Kitakini.news – Google Play Store merupakan aplikasi layanan yang umumnya digunakan untuk mendownload aplikasi atau game. Namun, ada beberapa masalah yang terjadi di Google Play. Salah satunya adalah
Aplikasi Google Play telah berhenti atau dalam bahasa Inggris, "Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti". Lalu bagaimana cara mengatasi layanan google play yang terhenti?

Tidak bisa dipungkiri bahwa Google Play Store merupakan aplikasi terpenting bagi pengguna Android. Artinya, saat Anda mengunduh atau memperbarui aplikasi, Google Play adalah tempat yang Anda cari.

Ketika Layanan Google Play mengalami masalah, seperti muncul pesan error, maka tentunya Anda tidak bisa mendownload aplikasi atau game yang sudah ada. Hal ini tentunya menghambat pengguna dalam melakukan aktivitas multitasking. Oleh karena itu, untuk menangani keluhan yang dialami pengguna, berikut ini
solusi yang diharapkan dapat membantu.

1. Bersihkan Cache Google Play Store

Google Play
Ilustrasi. (Foto: dianisa.com)

Salah satu cara untuk mengatasi Layanan Google Play yang dihentikan adalah dengan menghapus cache Google Play Store. Cara ini cukup mudah, biasanya pengguna Android berhasil menanganinya dengan baik.

Selain untuk mengatasi Google Play yang macet, membersihkan cache juga berguna untuk mengurangi penggunaan memori internal. Biasanya cache Layanan Google Play mencapai ratusan MB, sehingga memakan ruang penyimpanan yang cukup. Berikut cara menghapusnya

  • Silahkan masuk ke Menu Setting >> Klik Applications >> Search for Google Play Services atau Google Play Services >> Pilih Storage >> Lalu pilih Delete Memory

2. Hapus Data Layanan Google Play

Hapus data
Ilustrasi. (Foto: dianisa.com)

Selain dari Google Play Store, Anda juga dapat menghapus cache data Layanan Google Play yang merupakan metode yang sama dengan Google Play Store.

3. Atur Ulang Preferensi Aplikasi

Baca:  Konfigurasi Tiga Kamera Belakang OPPO A15 Diungkap
gambar hp 5
Ilustrasi. (Foto: androidcentral.com)

Masih ada beberapa cara untuk mengatasi layanan Google Play yang dihentikan. Salah satunya dengan mengatur ulang preferensi aplikasi agar Layanan Google Play kembali normal.

  • Buka Pengaturan >> Aplikasi >> Klik Ikon Tiga Titik di Ujung Kanan
    Atas >> Pilih Atur Ulang Preferensi Aplikasi

Mengatasi Layanan Google Play Dapat Dihentikan dengan Memulai Ulang Ponsel Anda

4. Mulai Ulang Seluler

gambar ponsel
Ilustrasi. (Foto: samsungstarters.com)

Jika ketiga cara ini tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu merestart hp anda. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu klik Restart, otomatis android kamu akan mati sementara lalu hidup kembali.

Cara ini berguna agar semua aplikasi yang error akan direset seperti semula sehingga mereka berharap bisa mengatasi Layanan Google Play yang terhenti

5. Atur Ulang Smartphone

reset
Ilustrasi. (Foto: dianisa.com)

Jika semua solusi di atas tidak membantu sama sekali, maka cara alternatifnya adalah dengan Reset Smartphone Anda. Sebelumnya Anda melakukan backup data seperti foto, video, dan dokumen karena semua aplikasi akan terhapus.

  • Buka Menu Pengaturan >> Pilih Manajemen Umum >> Pilih Reset >> klik Reset
    Data Pabrik.

Itulah beberapa cara mengatasi layanan Google Play yang sempat terhenti dengan mencoba cara-cara yang sudah disebutkan di atas. Silahkan coba caranya sendiri dan semoga bermanfaat bagi semua pengguna Android dan jika menjadi referensi untuk Troubleshooting Layanan Google Play Berhenti.

Penulis: Qurairah Urbana

Postingan Cara Mengatasi Layanan Google Play yang Dihentikan, Gunakan 5 Langkah Mudah Ini muncul pertama kali di Kitakini News.